Taman Edukasi Tsunami dan PLTD Apung


Taman ini termasuk dalam area rencana pembangunan monumen tsunami. Ditaman ini terdapat jenis pohon-pohon langka yang pernah tumbuh di Aceh dan telah hilang ditebas gelombang tsunami, seperti pohon jeumpa, pohon seulanga, pohon cempaka, pohon asam dan lain-lainnya. Di Taman ini juga terdapat kolam ikan yang besar, fasilitas permainan anak-anak, disamping bangunan utama yaitu gedung simulasi tsunami yang memamerkan dokumentasi/foto-foto kejadian tsunami. Digedung ini ada tribun terbuka untuk pertunjukan film dokumenter tentang kejadian/kisah saat bencana tsunami terjadi serta dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan seni. 



Hanya berjarak lebih kurang 30 meter dari letak Taman Edukasi Tsunami terdapat sebuah PLTD Apung yang terdampar akibat tragedi Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 kini dijadikan monumen oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.



Di lokasi wisata tsunami PLTD Apung Dan Taman Edukasi Tsunami juga terdapat aneka jajanan, warung dan café sederhana yang menyajikan aneka makanan dan kopi khas Aceh. Pada lokasi ini terdapat tempat penjualan aneka souvenir, kaos-kaos bergambar kapal apung dan taman edukasi.

0 comments:

Post a Comment