Makam Syiah Kuala


Syech Abdurrauf bin Ali Al Fansuri As-Singkili atau yang lebih di kenal dengan nama Syiah Kuala, adalah seorang ulama besar yang sangat berpengaruh dalam membawa ajaran islam ke Indonesia, khususnya daerah aceh. Syech Abdurrauf bin Ali Fansuri memiliki ayah yang berasal dari Arab dan ibu yang berasal dari Aceh. 
Beliau dulu nya pernah menuntut ilmu di Arab, namun setelah itu beliau kembali lagi ke Aceh untuk mengajarkan ilmu - ilmu yang pernah di pelajari kepada masyakat Aceh.

Beliau membangun sebuah perguruan agama Islam yang telah menghasilkan banyak ulama. Karena letaknya tidak jauh dari muara sungai yang dalam bahasa Aceh disebut Kuala, maka makam tersebut dinamakan Syiah Kuala.


Terdapat beberapa makam di kompleks makam Syiah Kuala, selain makam Syeikh Abdur Rauf sendiri, keluarga serta murid-muridnya. Makam Syaikh Abdur Rauf dan tiga orang adik beliau sedikit terpisah dengan makam yang lainnya.




Makam Syiah Kuala sendiri dipertanggunggungjawabkan oleh kantor BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan. 

0 comments:

Post a Comment