Objek Wisata Bireuen

Kabupaten Bireuen Ibukotanya adalah Kota Bireuen. Kabupaten Bireuen  adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nanggroe Aceh  Darussalam. Menjadi kabupaten otonom sejak tahun 2000 sebagai hasil  pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara.  Selain itu juga Bireuen menyediakan banyak tempat wisata yang menarik yang dapat anda  dikunjungi, diantaranya:





1. Tugu Batee Kureng
Tugu Bate Kureng adalah  salah satu tugu yang terletak di jantung Ibukota Bireuen tepatnya di  depan Meuligoe Bupati. Diatasnya terdapat batu besar dan telah menjadi  lambang kehidupan bagi masyarakat Kabupaten Bireuen. Tugu ini terpancar  sebuah ketegaran, ibarat kata “tak lekang di bakar panas, tak lapuk di  guyur hujan”.

2. Pemandian Krueng Simpo
Obyek Wisata dengan panorama  alam yang sejuk dan bebatuan serta  pepohonan yang rindang ini  terletak di sisi jalan Negara Bireuen – Takengon Km. 18. Pada hari libur  khususnya Krueng Simpo ramai dikunjungi oleh pengunjung.

3. Batee Iliek
Obyek wisata Batee Iliek  adalah tempat wisata pemandian yang dihiasi oleh air sungai yang  mengalir di celah – celah bebatuan yang berukuran besar yang  terletak di lereng bukit yang berudara sejuk. Setiap hari libur ramai di  kunjungi oleh wisatawan domestik. Obyek wisata ini terletak di desa  Batee Iliek yang berjarak 44 Km sebelah barat ibukota Kabupaten Bireuen.

4. Pantai Kuala Jangka
Pantai Kuala Jangka  merupakan satu-satunya kuala yang sangat potensial bagi masyarakat  nelayan di Kecamatan Jangka yang juga merupakam obyek wisata bahari.  Lautan yang membentang luas, panorama alam yang indah, ombak yang pecah  menghantam bebatuan. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat  memancing bagi masyarakat Bireuen dan sekitarnya. Obyek wisata ini terletak  disebelah timur kota Bireuen dengan jarak berkisar 16 km.

5. Pantai Kuala Jeumpa
Pantai Kuala Jeumpa adalah  obyek wisata bahari. Pantai yang alamnya sangat indah dengan pulau-pulau  kecil yang terletak disamping muara sungai. Ditempat ini juga merupakan  tempat bertelurnya penyu. Disamping itu juga merupakan tempat  mendaratnya perahu para nelayan tradisional. Pantai Kuala Jeumpa ini  terletak di Kecamatan Jeumpa dengan jarak sekitar 5 km dari ibukota  kabupaten.

6. Krueng Juli
Obyek wisata Krueng Juli dan  Ujong Blang adalah daerah pantai laut yang menyimpan pesona keindahan  pasir pantainya. Lokasi obyek wisata panorama pantai ini terletak  disebelah utara Kabupaten Bireuen yang berjarak ± 3 Km  tepatnya di desa  Ujong Blang dan Krueng Juli Kecamatan Kuala.
Sumber: tanohaceh.com

3 comments: